GEKA digital
 
Komponen printer yang paling vital adalah head. Layaknya seperti jantung pada manusia. Jika head rusak, ya sudah mau tidak mau kita beli printer yang baru lagi, karena harga head seperti harga printer itu sendiri.

Nah, kalau pengin printer kita awet, perhatikan head kita secara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, halah. Apalagi kalau tinta kita pakai infuse, dan jenis tintanya pigment dan sublime. Gunakan minimal satu minggu dua kali print.

Kalau kita jarang pakai itu printer, penyakit yang biasa diderita adalah salah satu warna tinta tidak kelur alias tersumbat bin macet bin mampet, kayak got aja ya. Nah, bagaimana kalau itu terjadi pada printer kita, waduh padahal lagi perlu banget nih, mana orang yang pesen nungguin lagi. Hehehe, don’t panic sobat, gampil kok, tinggal head cleaning pake software bawaan printer aja, selesai.

Udah, tapi belum mau keluar juga, bagaimana ya? Tetep tenang cuy, justru ini yang akan saya jelasin di sini.

Begini ceritanya. Kalau tinta belum keluar juga, coba pake cairan pembersih “GRACE specialist head cleaner” aman, tidak merusak head. Bisa digunakan untuk printer Epson, HP, Canon, Lexmark, dan Brother (pesan sponsor).

Sehubungan saya punyanya printer Epson T11 menggunakan tinta pigment, jadi prakteknya pake printer tersebut. Kalau anda keberatan, ya sudah,,, ngambek.